• Sabtu , 16 Desember 2017

BATIK SOUL GUITAR GITAR BATIK KARYA ANAK BANGSA INDONESIA

SENI LUKIS BATIK ADALAH SALAH SATU SENI KHAS YANG BERASAL DARI INDONESIA. JIKA SENI ITU DIPADUKAN DENGAN SEBUAH ALAT MUSIK TENTU AKAN MENGHASILKAN SEBUAH MAHAKARYA YANG BERNILAI. APALAGI JIKA MAHAKARYA ITU BISA MASUK KE INDUSTRI ALAT MUSIK LOKAL DAN TEMBUS KE PASAR DUNIA.

Aksen batik bisa disematkan pada produk apa saja, termasuk alat musik gitar. Perpaduan antara gitar dan seni batik inilah oleh Guruh Sabdo Nugroho di buat ke dalam sebuah produk premium gitar yang di beri nama Batiksoul Guitar. Arti nama Batiksoul sendiri merupakan ekspresi dari Jiwa yang menyukai instrument musik gitar dan seni batik.

BERAWAL DARI CUSTOM HINGGA PRODUK PREMIUM

Guruh yang merupakan lulusan Tekhnologi Informasi di salah satu perguruan tinggi Solo ini hobi memainkan dan mengoleksi gitar, namun Ia selalu berkeluh kesah karena setiap membeli gitar Ia harus membayar dengan harga yang sangat mahal. Di situlah awal ketertarikannya untuk membuat gitar sendiri.Berbekal referensi dari media online, untuk mengatasi rasa penasarannya Guruh belajar bersama temannya dan mulai membuat gitar custom pada tahun 2009.

Merasa tidak puas dengan gitar yang di hasilkannya, Ia mulai mencari referensi dengan teman-teman luthier lokal seperti dari Genta Guitar, Secco Guitar, bahkan sampai ke luthier Maestro Guitars di Singapura dan Jeffrey Yong Guitars di Malaysia. Setelah itu, Ia mulai memperdalam lagi secara otodidak untuk membuat gitar.

Karena daerah tempat tinggalnya di Solo merupakan sentra batik dan kebetulan Istrinya bergerak di bidang Kain batik, muncul lah ide awal untuk menyatukan batik dengan gitar. Karena rasa keingintahuan yang besar, pada tahun 2010 Guruh mulai melakukan riset dan menghabiskan biaya yang tidak sedikit untuk mengaplikasikan proses pembatikan tradisional di gitar.

Namun tidaklah mudah membuat soundboard gitar yang di satukan dengan motif batik tradisional, karena berpengaruh besar terhadap resonan suara yang di hasilkan. Proses tersebut tidaklah boleh merusak media soundboard, dan tone yang di hasilkan dari kayu pun harus tetap terjaga. Setelah 2 tahun barulah Guruh menemukan formula yang tepat untuk mewujudkan konsep ide produknya, sehingga pada tahun 2012 Ia memperkenalkan Batiksoul Guitar.

Konsep sebenarnya ingin membuat gitar yang Indonesia banget, kalau gitar bagus banyak, tapi Saya ingin apabila ada yang melihat gitar Batiksoul, orang tahu ini adalah gitar dari Indonesia.

Baca selengkapnya ya mengenai Cerita konsep Batiksoul Guitar dan Penggunaan Bahan Baku serta Market Penjualan Batiksoul, di Majalah Audiopro Edisi 05/Thn. XVI/2017.

Related Posts