• Kamis , 19 Oktober 2017

DUADRUM MUDA,ENERGIK & INOVATIF

TIDAK ANEH JIKA SEBUAH BAND MENARIK DRUMMER UNTUK MENJADI SEBUAH KELOMPOK BAND. TIDAK DEMIKIAN DENGAN DUA DRUM, BAND YANG DIRINTIS SEJAK 2011 OLEH DUA DRUMMER MUDA JUSTRU MENGGANDENG MUSISI LAIN MENJADI SEBUAH BAND.

Duadrum yang dibentuk oleh Yandi Andaputra (Yandi) dan Yoiqbal (Iqbal) merupakan band pertama dengan konsep dua drummer yang memainkan satu set drum unik secara bersamaan. Kedua musisi muda ini sangat berenergi dan dinamis di setiap penampilannya yang membuat daya tarik kuat bagi penonton dan penggemarnya.

Duadrum yang sudah dirintis oleh Yandi dan Iqbal sejak tahun 2011, namun kesibukan kedua personel sebagai session player dari masing-masing kegiatannya. Duadrum berawal dari kedua drummer yang kebetulan tinggal berdekatan yang sudah saling mengenal sejak 2011. ”Awalnya kita berdua ingin membuat album solo. Pertama, kita ketemu di sebuah konser tahun 2011. Kami masing-masing mempunyai band.

Dahulu saya sudah mempunyai band. Iqbal pun juga mempunyai band,” ujar Yandi sebagai drummer Isyana dan Dewa Budjana, sedangkan Iqbal sebagai session player Iwan Fals dan Afgan. Meskipun keduanya disibukkan dengan tur masing–masing band. Yandi dan Iqbal memiliki komitmen untuk memprioritaskan kegiatan Duadrum membuat album dan menjalankan tur promo. Bahkan surat izin selalu keluar dari musisi yang dilakoni sebagai session player untuk kegiatan Duadrum.

Semangat, energi, dan dinamis terpancar pada Duadrum yang sudah menghasilkan album perdana tahun 2016 lalu bertitel “Bergerak”. Dari album “Bergerak”, kedua drummer inilah yang membuat konsep. Aransemen dan komposisi yang dirancang kemudian berkolaborasi dengan sejumlah musisi. Dalam membuat album perdana “Bergerak”, tidak serta-merta sejak Duadrum dibentuk langsung memproduksi rekaman.

Patut dicontoh oleh para musisi muda siapa pun, kedua personel Duadrum yang dibentuk sejak 2014, hanya melakukan banyak latihan selama satu tahun sebelum produksi rekaman. “Sejak 2014 Duadrum dibentuk, kita tuh cuma latihan selama setahun dari 2014 sampai 2015 sambil membuat konsep band,” jelas Iqbal penggemar Red Hot Chili Peppers, Sanarky Puppy, dan Chrisye. Hal ini terbukti, album “Bergerak” yang sudah dirilis memiliki konsep yang matang bergenre Fusion serta melibatkan banyak musisi sebagai session player.

Baca Selengkapnya ya mengenai Set Drum “Duadrum” dan Inovatif di Majalah Audiopro Edisi 05/Thn. XVI/2017.

Related Posts