• Minggu , 23 September 2018

IDPFEST2017 PESTA PARA DRUMMER

INDONESIA DRUMMER DAN PERKUSI FESTIVAL (IDPFEST) KEMBALI DIGELAR PADA TAHUN KE DUA DI TEATER KECIL, TAMAN ISMAIL MARZUKI, JAKARTA.

IDPFEST 2017 buah pikiran Ekki Soekarno salah seorang musisi senior Indonesia yang berhasil diwujudkan dengan konsep “pesta” drummer dan perkusionis dari berbagai kota Indonesia berkumpul untuk tampil dan berdiskusi soal instrument tradisional dan modern perkusi serta instrumen drum dalam satu tempat. Benar saja, para musisi khususnya drummer dan perkusionis bersama para seniman dan pelaku industri musik hadir dalam IDPFest 2017 yang digelar pada tanggal 30 Maret hingga 2 April 2017 lalu. Event yang diselenggarakan tahun ini mengangkat tema “Keren Tanpa Rokok”.

Musisi tidak harus akrab dengan rokok membuat tubuh sehat sehingga bisa berkreasi setinggi-tingginya dan indah. Tema yang sangat pas dikampanyekan kepada musisi tanah air agar musisi memiliki gaya hidup sehat, cerdas, dan kreatif. Cukup menggembirakan bagi drummer maupun musisi lain Indonesia diberikan pengetahuan kekayaan instrument musik perkusi tradisional yang beragam murni asal Indonesia.

IDP Fest 2017 dihadiri Sembilan puluh persen musisi daerah tampil di acara ini. Sedangkan musisi Jakarta, khususnya dihadiri sepuluh persen. Konsep yang diramu penyelenggara cukup berhasil, pengunjung yang hadir dalam event ini bisa menyaksikan langsung begitu banyaknya musisi daerah dengan keberagaman seni musik yang berlimpah lebih dekat dan bias mengetahui kekayaan instrument perkusi khas Indonesia.

Menariknya minat dan semangat musisi daerah tampil all out dengan segala perkusi yang diboyong ke Jakarta. Pengunjung IDPFest juga disajikan penampilan drummer muda Indonesia bermain dinamis dengan berbagai atribut genre musik yang dibawakan. Tak kalah menarik, drummer-drummer senior ikut unjuk permainan yang masih dasyat dan mengagumkan.

Acara yang dikemas sangat menarik dihadiri sejumlah komunitas drummer asal Jakarta dan sekitarnya. Ada 5 set drum yang disiapkan pada panggung Teater Kecil yang disediakan oleh para pengisi acara. Penyelenggara berhasil menyajikan performa drummer muda hingga senior. Oleh karena itu, pertunjukkan kian menarik, di antara mereka berkolaborasi sesuai dengan gaya permainan sendiri.

Genre musik yang disajikan pun sangat beragam. IDPFest 2017 sangat ideal tempat berkumpulnya drummer Indonesia, baik yang muda, profesional, maupun youtuber dapat memberikan inspirasi tidak saja bagi musisi namun bagi semua kalangan awam sekalipun. Sebut saja drummer legendaris, senior, dan muda yang perform di event ini di antaranya Agung Gimbal, Harry Toledo, Inang Noorsaid, Teddy Sudjaya, Rudi Subekti, Budy Prass, Benny Moestafa, Aksan Sjuman, Eno Netral, Kenan Nasution, Dua Drum, Rini Asmara, Harry Murti, dan drummer lainnya asal Jakarta dan luar Jakarta.

Selain itu, komunitas drummer dari sejumlah daerah dan Jakarta yang tampil dalam IDPFest 2107 adalah IDP Atjeh, IDP Minang, IDP Samarinda, IDP Nunukan, IDP Bengkulu, IDP Majenang, Gilang Ramadhan Studio Band, Jakarta Session Drummer, UMN, Harry Drum Craft, Jakarta Drum School, Angel Percussion, Eno Drum School, dan komunitas drum dan perkusi lainnya. Banyak sisi positif yang memberikan edukasi, pengetahuan, dan hiburan bagi masyarakat secara umum dalam IDPFest yang digelar tahun 2017 ini. IDPFest 2017 dibarengi juga disertai pameran instrument drum yang digelar pada koridor Theater Kecil Taman Ismail Marzuki.

 

Related Posts