• Sabtu , 20 Januari 2018

GATHERING BANTEN JAZZ CLUB

MUSIK JAZZ CENDERUNG SEMAKIN DIGEMARI DAN MENDAPATKAN BANYAK KESEMPATAN DITAMPILKAN SAAT INI, TERLIHAT DARI SEMAKIN SERINGNYA DIGELAR PERHELATAN JAZZ, BAIK DI JAKARTA MAUPUN DI DAERAH LAINNYA.

Mulai dari event besar sampai event komunitas yang akrab dan intim. Provinsi Banten tidak mau ketinggalan, mengingat banyaknya musisi jazz yang berdomilisi di Banten (Bintaro, Serpong, Alam Sutera, dan lainnya) dan di beberapa tempat di Banten sering juga digelar event jazz. Atas inisiatif beberapa musisi jazz dan pecinta jazz yang berdomisili dan berkegiatan di wilayah Banten, di antaranya Troy Kurniawan, Achmad Ananda, Alex Kuple, Totok, Rudi, Iwan, Bagus Jatmiko, Eko, dan lainnya, belum lama ini dibentuklah wadah yang dinamakan Banten Jazz Club. Dimulai dari kumpul-kumpul di Art Music School di Ruko Mendrisio 3 Blok D nomer 6 Paramount Gading Serpong, komunitas Banten Jazz Club sudah beberapa kali mengadakan gathering yang menampilkan beberapa musisi jazz mulai dari yang muda sampai senior.

Sebut saja Achmad Ananda dan Troy Kurniawan, dua gitaris jazz yang sudah senior berpengalaman di dunia musik Indonesia, Mates pemain bass legendaris, Kemala Ayu vokalis jazz senior, Teffy Mayne dari Yamaha Musik, Dheandra Adelina vokalis muda berpotensi, dan banyak lagi yang sudah tampil dan berbagi ilmu music, khususnya jazz di Banten Jazz Club.

Selain itu, yang juga berjasa dalam sebuah komunitas adalah pecinta musik jazz yang selalu support untuk kemajuan bersama. Pada hari Senin, 3 April 2017, digelar gathering Banten Jazz Club yang menampilkan Kemala Ayu, Troy Kurniawan, Alex Kuple (bass), dan Alnair Oesman (drums). Menampilkan juga presentasi keyboard terbaru dan tercanggih, yaitu Yamaha Montage oleh Teffy Mayne dari PT Nusantik Yamaha Musik Indonesia.

Beberapa lagu jazz yang dimainkan sangat menghibur pecinta jazz yang hadir di Art Music School. Tak ketinggalan juga jam session dari beberapa musisi yang hadir malam itu. Menurut Troy Kurniawan dan Totok, penggagas Banten Jazz Club, dimulai dari skala kecil seperti ini diharapkan ke depannya akan semakin berkembang sehingga dapat menjangkau audiens dan penikmat jazz lebih luas di wilayah Banten. Beberapa program sudah dirancang untuk lebih memasyarakatkan musik jazz di Banten.

Related Posts