• Senin , 25 Juni 2018

CASIO MZ X500 KEYBOARD ARANJER/SYNTHESIZER

BEBERAPA EDISI LALU KAMI MENGANGKAT REVIEW PRODUK PIANO DIGITAL KELUARAN CASIO YANG DIRANCANG UNTUK KEBUTUHAN MUSISI PROFESIONAL. CASIO HADIR DENGAN PRODUK INSTRUMEN KEYBOARD YANG MENGAGUMKAN DAN TIDAK MENGECEWAKAN DENGAN ENGINE SOUND YANG SUDAH DISEMATKAN DI DALAM UNIT.

 

Edisi ini, kami mereview keyboard aranjer keluaran Casio yang sangat berpengalaman meluncurkan begitu banyak seri jenis keyboard aranjer dapat menarik hati musisi pengiring keyboard tunggal, band, maupun pengguna pribadi. Casio MZ X500 merupakan keyboard aranjer dengan beragam fitur professional yang menyiapkan lebih dari 1100 tone yang mewakili banyak instrumen dengan kualitas sampling yang presisi. MZ X500 sebagai keyboard aranjer sudah memenuhi kebutuhan musisi, khususnya keyboardist (band, keyboard tunggal) tak kalah dengan brand keyboard aranjer lainnya.

STYLE INDONESIA

Desain MZ X500 yang cantik dibalut warna biru gelap memberikan aksen dan sentuhan keyboard aranjer modern membedakan dengan brand keyboard aranjer lainnya. Keyboard aranjer ini menyertakan sejumlah style yang memiliki karakter phrase musik yang natural dan style kekinian. Sejumlah style modern yang banyak dimainkan oleh aranjer atau produser saat di antaranya adalah Electronic Dance Music (EDM) dan hip hop. Style standar berbagai beat seperti latin, pop, rock, jazz, waltz, Eropa, Amerika, dan Asia.

Tentu keyboard aranjer yang paling dicari oleh pengguna keyboard tunggal adalah  tradisional Indonesia. Kami mendapati cukup banyak style favorit musik Indonesia yang disiapkan dalam MZ X500. Style Indonesia dengan elemen instrument musik Indonesia sangat akrab di telinga kita. Karakter rhythm dangdut sangat natural dan didukung sound sampling kendang yang bagus. Kami mendapati sound kendang “tak” yang natural dan kualitas resonansi yang jelas terdengar.

Begitu pula, sound “dut” begitu tebal dan musikal. Jadi, iringan pattern dan sound kendang untuk kebutuhan pengiring musik dangdut cukup kuat dan tidak mengecewakan. Casio cukup mengerti kebutuhan style wajib yang dibutuhkan musisi Indonesia. Fasiltas accompaniment yang disiapkan MZ X500 terdiri dari 2 intro, 4 variation, auto fill, dan 2 ending. Dua belas elemen ini dapat mengontrol hingga 8 part (multi-timbral) drum, bass, lima melodi atau akord dan tambahan rhythm perkusi. Iringan musik yang kita mainkan musikal dan hidup.

SOUND

Tak aneh, Casio menyiapkan begitu banyak sound internal dengan kualitas yang baik dengan berbagai kategori sound yang presisi. Sebut saja kategori piano yang kami pilih lebih dahulu yang mencakup beberapa piano akustik. Kebutuhan sound piano tentu saja pada kedetailan sampling yang kami perhatikan. Sejumlah sound piano akustik yang kami mainkan memiliki karakter akustik yang kuat terdengar dari sepasang loudspeaker internal 2 x 2way speaker dengan amplifier kekuatan 2 x 20 Watt. Detail attack, resonansi, dan decay piano sangat jelas kami dengar.

Begitu pula piano elektrik profesional yang cantik sebagai musik pengiring layaknya synthesizer dan piano digital profesional pada umumnya. Kekuatan sampling yang akurat sangat memungkinkan MZ X500 dimanfaatkan tidak hanya sebagai keyboard pengiring, namun bisa digunakan untuk kebutuhan rekaman dan live performance. Selanjutnya, kami menyusuri instrumen akustik lainnya, seperti string section, brass section, gitar akustik, dan set drum. Masing-masing sound sudah disiapkan Casio yang siap pakai, baik live performance dan studio rekaman.

Info lanjut mengenai Synthesizer/Hex Layer, Control PAD dan Spesifikasi baca selengkapnya di Majalah Audiopro Edisi 04/Thn. XVI/2017.

Related Posts