• Kamis , 19 Oktober 2017

PEAVEY GUITAR & BASS AMPLIFIER MINI HEAD SERIES

lead

Pabrikan Musical Instrumen Peavey, salah satu inovator dalam dunia amplifier gitar, baru-baru ini telah merilis rangkaian seri Head Ampli Gitar dan Bass yang didesain dalam format micro. Diantaranya Valveking 20MH, Classic 20MH dan 6505MH dan 6505 Piranha™ untuk departemen gitar serta Minimega™ dan Minimax™ untuk divisi bass

Dari keenam seri head ampli tersebut tidak semuanya tipe terbaru, melainkan merupakan pengembangan dari generasi pertama di masing-masing seri. Sedangkan pada seri head ampli bass, MiniMax™adalah pengembangan dari ampli bass Max series sedangkan MiniMega™ adalah varian terbaru. Perbedaan mencolok masing- masing hea ampli tersebut terletak pada ukuran serta beberapa fitur tambahan lainnya. Namun jangan pernah terkecoh dengan ukuran yang mini, karena setiap ampli micro head yang dibesut Peavey dibekali dengan berbagai fitur yang tidak kalah powerful dengan generasi pendahulunya. Mari kita bedah satu persatu.

VALVEKING 20MH  GUITAR AMPLIFIER HEADpeavey

Dari serangkaian head ampli varian terbaru dari Peavey, ValveKing 20 MH adalah gelombang pertama yang pertama kali hadir di Indonesia. ValveKing 20MH sendiri sebenernya pernah diulas pada majalah Audio Pro edisi 02/THN-XVI/2016. Silahkan buka kembali. Keampuhan micro head yang satu ini sudah dibuktikan oleh gitaris dari band-band yang tampil dalam beberapa festival metal baru-baru ini.

CLASSIC 20MH  GUITAR AMPLIFIER HEAD

classicSebagai salah satu ampli yang juyh ‘’dihormati’ dalam skema blues, country dan rock, ampli gitar Peavey Classic series mampu mengakomodasi kebutuhan para gitaris untuk mendapatkan tone dan sound yang vintage sampai ke area kontemporer dengan mudah. Kini, Peavey Classic 20MH menghadirkan sound tersebut dengan format yang sangat portable. Akan tetapi jangan terkecoh dan under estimate terhadap bentuk  siknya yang kecil. Sederhana dan Powerful adalah ungkapan yang tepat untuk mendiskripsikan head ampli yang berkarakter bluesy ini. Peavey Classic 20MH dipersenjatai dengan sepasang tabung power amp EL84 dan 3 unit tabung pre amp 12AX7/ECC83. Head amp ini memiliki 2 channel yang masing-masing berbagi gain structure, 3-band EQ, reverb dan fx loops yang sama dan semua fitur tersebut bisa diatur melalui footswitch. Selain itu, Classic 20MH juga dilengkapi dengan fitur TSI™ (Tube Status Indication). Fitur ini sangat memudahkan gitaris untuk memantau kondisi kesehatan tabung bahkan mengetahui apakah sudah saatnya melakukan pergantian tabung bahkan dapat mengetahui tabung mana yang perlu diganti. Pada panel belakang, terdapat beberapa fitur baru yang sangat memudahkan musisi menggunakan ampli ini untuk berbagai kebutuhan. Bahkan ampli ini bisa digunakan tanpa cabinet speaker. Terdapat 2 output yang memiliki fungsi berbeda-beda, yaitu MSDI™ (Microphone Simulated Direct Interface) dengan XLR output dan USB output. MSDI™ dengan XLR output mempermudah kita untuk langsung menghubungkan Classic 20MH ke mixing console. Untuk menggunakan fitur tersebut, ampli ini dilengkapi dengan tombol speaker defeat agar power dari tabung tidak overload karena tanpa menggunakan cabinet. Sedangkan USB out berfungsi untuk menghubungkan ampli langsung ke laptop / computer untuk rekaman. Selain  fitur diatas, seri micro head ini memiliki sebuah power attenuator switch untuk memilih alternative power sesuai dengan situasi, mulai dari 20 Watt, 5 Watt dan 1 Watt. Sangat mudah diaplikasikan dalam studio maupun panggung.

6505 MH  MINI HEAD GUITAR AMPLIFIER

mini-head-guitar

Salah satu ampli Peavey yang melegenda di kalangan musisi yang bergenre cadas! 6505 MH memiliki DNA, style, kualitas sound serta penampilan yang sangat mirip dengan kakak kandungnya, Peavey 6505 Head. Dengan dimensi yang lebih ringkas dan portable , 6505 MH dijejali 2 unit tabung power amp EL84 dan 3 unit 3 tabung preamp 12AX7 untuk menghasilkan sound yang garang. Sama seperti seri mini head Peavey yangflain, 6505 MH juga dilengkapi dengan fitur-fitur yang memberikan kemudahan bagi gitaris. Pada panel depan mini head ini terdapat 2 channel yaitu Rhythm dan Lead yang keduanya berbagi 3-band EQ yang sama. Masing-masing channel memiliki gain structure yang terpisah, sehingga sangat memudahkan gitaris membedakan dan menggunakannya, saat bermain rhythm)atau saat solo (lead). Sama seperti seri kakaknya, mini head ini juga dilengkapi dengan knob resonance dan presence. Dan fitur baru TSI™ juga disematkan dalam ampli ini untuk memudahkan para gitaris memonitor kesehatan dan kondisi tabung didalamnya. Pada panel belakang, 6505 HM ditopang dengan tekhnologi terbaru MSDI™ Direct Out. Fitur ini memudahkan para gitaris untuk menggunakan head ampli ini tanpa harus menghubungkannya ke cabinet. Hal ini sangat ideal untuk dipakai pada saat rekaman yang tidak menginginkan suara berisik dan tidak memiliki ruangan untuk menodong dengan mic. Cukup menggunakan kabel XLR (direct out) dari head ke mixer. Selain itu, 6505 Mini Head juga dilengkapi dengan USB Record Out yang memudahkan gitaris saat rekaman dirumah.

6505 PIRANHA™ MICRO HEAD

piranha-micro-headPeavey juga memperkenalkan seri terbaru dari varian 6505; 6505 Piranha™ Micro Head. Dari keseluruhan seri head ampli gitar yang dirilis Peavey, 6505 Piranha memiliki ukuran paling imut. Tapi jangan terkecoh dengan bentuk imut yang mirip Pokemon, yang saat ini lagi hits itu. Meski berbentuk lebih kecil daripada seri mini head yang lain, 6505 Piranha™ Micro head terlahir sebagai ampli untuk para gitaris bergenre metal, mewarisi DNA 6505 yang lebih dulu melegenda. High-gain tone distortion yang megah berasal dari sebuah tabung 12AX7 sebagai pre amp dan solid state power amp 20-watt (RMS)! Selain itu, 6505 Piranha™ juga dilengkapi dengan 16 ohm speaker output, Aux input, send-return / fx loops dan berbodi metal yang kokoh! Peavey 6505 Piranha™ Micro Head bisa diaplikasikan ke berbagai situasi. Mulai dari kamar tidur, studio rehearsal, studio rekaman maupun diatas panggung metal yang sarat distorsi! Masing-masing seri mini head Peavey diatas dapat dihubungkan dengan cabinet Peavey apapun, baik cabinet 6505, ValveKing maupun seri enclosure terbaru dari peavey.

 PEAVEY MINIMEGA™  1000 WATT BASS AMPLIFIER HEAD

peavey-minimegaMelengkapi seri mini head pada departemen gitar, Peavey juga merilis 2 bass amplifier head terbaru. MiniMega™ adalah salah satunya. Tone bass klasik khas Peavey dipastikan akan menyembur dari bass head yang memiliki power 1000 watt ini! Dengan menggunakan teknologi yang tidak dimiliki oleh ampli lain, MiniMega™ mempresentasikan sebuah konsep performa baru sebuah bass amplifier yang kompak. Peavey memiliki teknologi KOSMOS® bass enhancement yang berfungsi untuk memberikan impact yang nendang dan psychoacoustic yang memberikan dorongan pada sector low-end tanpa ‘menyiksa’ speaker. MiniMega™ juga memiliki beberapa fitur modern seperti built in compression, 4-band EQ dengan semi-parametric mid, effects loop dan gain control dengan tombol, built-in tuner, XLR & TRS Direct Out, Aux in, dan segala kebutuhan pemain bass professional jaman sekarang. Secara look, MiniMega memiliki tampilan yang menarik, karena dilengkapi dengan tombol led yang bisa diubah sesuai kebutuhan. MiniMega™ dengan bentuknya yang kecil menjadi salah satu opsi terbaik untuk para bassis yang memiliki mobilitas tinggi. Apalagi bass head ini dilengkapi dengan softcase yang memudahkan untuk dibawa kemana-mana.

PEAVEY MINIMAX™  500WATT BASS AMPLIFIER HEAD

peavey-minimaxMelengkapi seri ampli bass berformat mini, Peavey juga merilis MiniMax™. Perbedaan mendasar dengan seri Mini Mega™ adalah, MiniMax™ memiliki power lebih kecil, ‘hanya’ 500-watt! MiniMax™ dipersenjatai dengan beberapa fitur impresif yang dibutuhkan oleh para bassist, diantaranya DDT™ speaker protection dan psychoacoustic yang memberikan dorongan pada low-end, 3-band EQ dengan Punch, Mid-shift dan Bright control yang memberikan berbagai macam opsi tone yang diinginkan serta built-in chromatic tuner. Sebagai fitur tambahan, Peavey MiniMax™ juga dilengkapi dengan pre-gain control TransTube® gain boost yang memberikan nuansa sound crunch. Baik MiniMega™ atau MiniMax™ dapat dipasangkan dengan cabinet Headliner™ atau enclosure PVH™ series untuk melengkapi professional bass system yang ringkas tetapi sangat powerful.

Related Posts

2 Comments

  1. roni fly
    6 Januari 2017 at 10:11 am Balas

    mantap deh nih produk,
    mohon Audiopro bisa menguji cobanya satu per satu.

    terima kasih.

    sukses terus audiopro

    • Audiopro
      9 Januari 2017 at 4:08 pm Balas

      Hi Roni terimakasih masih menjadi pembaca setia majalah Audiopro, semoga bisa cepat terlaksana bagi Audiopro untuk uji coba satu persatu dan kami review.