• Rabu , 23 Mei 2018

LINE 6 AMPLIFI 30

line-6-amplifi-30

Sejak Yamaha melakukan ekspansi usaha dengan mengakuisisi Line 6 sebagai salah satu anak perusahaan-nya pada tahun 2013 silam, sampai saat ini telah banyak produk yang dihasilkan dari kolaborasi antara dua brand termuka ini, salah satunya terdapat pada Lineup gitar amplifier, yaitu Line 6 AmpliFi.

Line 6 telah di kenal lebih dari satu dekade sebagai produsen yang terus update melakukan inovasi dengan tren tekhnologi digital terkini, sehingga tidak jarang, jikalau orang membicarakan Line 6, berarti juga membicarakan tekhnologi. Setelah sebelumnya di perkenalkan 2 buah lineup varian produk Line 6 AmpliFi, yaitu Line 6 AmpliFi 150 dan 75, kali ini hadir di redaksi Apro Line 6 AmpliFi 30 yang memiliki warisan DNA dari kedua produk sebelumnya yang memiliki fungsi sama namun untuk tujuan yang berbeda.

DESAIN SERTA FITUR
Dengan dimensi 8.25”x10.5”x5” yang tergolong compact, bentuknya yang boxy di kombinasikan dengan warna hitam dan merah serta grill kotak dan list berwarna putih membuat amplifier ini terlihat eyes catching serta elegan. Pada bagian belakangnya, terdapat sebuah port mini jack AUX in, USB, FBV Pedal serta DC in AC adapter. Sedangkan pada bagian atasnya, terdapat sebuah input gitar dan headphone, 4 switch option tone, tap tempo, bluetooth, power switch berbahan material plastic juga knob drive, bass, mid, treble, reverb, serta whell master volume dengan parameter LED berwarna merah. Berbicara fitur, Line 6 AmpliFi 30 tidak hanya diperuntukkan sebagai practice amp guitar saja, namun sangat ergonomis untuk beberapa kebutuhan audio. Adanya software untuk mengkontrol keseluruhan fungsi dan fitur sebagai guitar amplifier melalui perangkat dengan basis operating system mobile iOS maupun Android mengikuti tren tekhnologi gadget yang sedang mewabah pada saat ini. Adanya fitur koneksi bluetooth V2.1 yang dapat di pairing dengan 1 perangkat dari operating system mobile iOS, Android, maupun Windows Phone, ataupun melalui operating system PC berbasis Windows maupun MAC serta koneksi melaui AUX-in menjadikan Line 6 AmpliFi 30 ini sebagai perangkat home audio. Selain itu, salah satu kelebihan lain dari amplifier ini terdapat sebuah port USB 2.0 yang menjadikan Line 6 AmpliFi 30 sebuah audio interface dengan sampling rate sampai dengan 24bit-96kHZ.

AMPLIFI REMOTE
Pada saat mereview Line 6 AmpliFi 30, software Ampli Remote untuk iOS yang bisa di download secara gratis di App Store pada saat ini tersedia dengan firmware versi 2.60.1 dengan minimal system requires iOS 9.0 yang compatible dengan iPhone, iPad, serta iPod touch. Sedangkan, Software Ampli Remote untuk Android yang bisa di download secara gratis di Google Store saat ini tersedia dengan firmware versi 2.60.0 dengan minimal system requires Android 4 atau di atasnya. Line 6 AmpliFi 30 ini termasuk salah satu amplifier digital yang user friendly serta plug and play karena apabila tidak menggunakan Amplifi Remote pada devices yang di gunakan oleh user, maka amplifier ini dapat di control langsung melalui knob yang berada pada panel atasnya. Pada software ini terdapat fitur Tuner serta Editor patch efek yang berguna bagi user untuk mengcustom tone signaturenya sendiri lalu mensharenya melalui Line 6 Tone Cloud. Terdapat beberapa efek seperti Noise Gate, Compressor, EQ, 8 Wah pedal, 14 Stombox, 78 Amp model, 24 cam model, 23 Mod, 14 Delay, serta 15 Reverb dengan routing standard dari developer yang dapat di setting sesuai kebutuhan user setelah mengaktivasi aplikasi Amplifi Remote ini. Apabila user mempunyai music library atapun music di iTunes pada smartphone atau iPad, maka amplifi remote akan melakukan sinkronisasi sehingga user dapat memainkan lagu pada library tersebut ataupun melakukan jam session. Yang paling unik dari software ini adalah terdapatnya fitur Tone Search. Misalnya Anda adalah penggemar Joe Satriani dan sedang jamming dengan lagu “Always With Me, Always With You”, saat jamming dengan lagu tersebut, software ini secara otomatis menawarkan preset tone gitar di lagu itu yang sudah berada pada library cloud Amplifi. Hal tersebut sangatlah menguntungkan bagi pemula yang sedang memperdalam permainan gitar serta sound agar mendapatkan panduan setting serta routing efek dengan mudah. line-6-amp30-2

TEST DAN SOUND
Tidak sulit untuk melakukan paired pada perangkat Android yang Kami gunakan ketika pertama kali mencoba amplifier digital ini dengan fitur playback musiknya. Setelah telah playlist di sinkron, Kami sengaja memilih lagu Photograph – Ed Sheeran yang di cover Boyce Avenue karena lebih dominan acoustic. Ternyata clarity serta treble yang open dan smooth yang di hasilkan dari speaker 4-way full range speaker stereo systemnya terdengar baik . Saat memutar lagu Now You’ve Got Something To Die For-Lamb Of God, dengan treble yang open sangat terasa perbedaannya, dengan low-range yang tidak terlalu tight mengindikasikan bahwa amplifier digital ini mampu mengcover genre musik apapun. Ketika gitar Telecaster Standard di colokkan ke input ampli yang membutuhkan daya sebesar 30 Watt ini, hal yang pertama di coba adalah sound cleannya, dengan setting ampli 1987 Jazz Clean dengan cabinet 2×12 Jazz dengan menambahkan modulasi seperti chorus, phaser, serta reverb dan delay. Sound clean yang cukup fat dan open di frekuensi Mid-range dapat di hasilkan dengan baik untuk memainkan segala jenis genre musik. Saat mencoba channel distorsi dengan memilih ampli citrus D-30 dengan cabinet 4×12 Green 25’s. Setting simulasi tersebut cukup punchy direpro. Begitu juga dengan tone crunch saat menambahkan pedal Tube drive dan menggabungkan analog delay dengan vintage plate, hasilnya break up cukup terasa warm. Namun Saat menggeser parameter seperti volume, masih sedikit terdapat latency dan tidak realtime ketika mensetting parameter di Amplifi Remote dari perangkat Android yang kami gunakan. Salah satu fitur yang tidak terlewatkan untuk di coba adalah menggunakan Line 6 AmpliFi 30 sebagai Audio Interface untuk Recording di computer berbasis windows. Setelah mendownload Asio driver yang di sediakan pada o cial website Line 6 dengan menggunakan DAW Cubase, dengan buffer size extra small terdapat latency sekitar 13,7 dari amplifier ini, namun dengan sampling rate kualitas rekaman mencapai 48 kHz–24bits Line 6 Ampli 30 sudah cukup untuk memulai home recording dengan setup yang simple dan sederhana.

OVERALL
Dengan bentuknya yang compact membuat Line 6 Ampli 30 sangat portable untuk di gunakan dimana saja. Adanya software Ampli Remote dapat memberikan pengalaman tersendiri bagi penggunanya untuk mensetting amplifier ini melalui smartphone, ipad ataupun tablet. Selain itu, dengan kelebihan speaker 4 way yang terpisah antara speaker amp gitar dengan kualitas tone simulasi yang baik dengan speaker full range yang mampu memainkan lagu dengan kualitas sound hi-fi yang clear serta fitur sebagai Audio Interface untuk Recording menjadikan Line 6 AmpliFi 30 sebuah amplifier gitar digital yang sangat layak sebagai practice amp, home audio maupun amplifier modeling combo gitar untuk para pemula.

  line-6-3  line-6-4

Related Posts