• Minggu , 22 April 2018

CASIO MELUNCURKAN KEYBOARD ARRANGER DAN PIANO DIGITAL

proevent1

 

Casio resmi meluncurkan produk keyboard terbaru di Indonesia seri keyboard Arranger MZ-X Series dan piano digital Celviano Grand Hybrid di XXI Plaza Senayan, Jakarta, September 2016 lalu.

          Perusahaan produk elektronik raksasa yang memasuki usia ke-36 tahun, Casio konsisten memproduksi instrument musik bagi masyarakat profesional dan awam. Brand Casio bukanlah pemain baru sebagai produsen instrument keyboard. Pada era tahun ’80-an, keyboard Casio sudah dikenal oleh banyak musisi profesional di tanah air. Sebut saja, seri synthesizer VZ1 (1988), keyboard sampler FZ1 (1987), keyboard sampler untuk home SK1 (1985), dan gitar synthesizer DG100 (1988) dengan fitur profesional. Artinya, Casio sudah berpengalaman memproduksi peranti musik kelas profesional sejak lama. proevent-keyboard Seperti filosofi bisnis produk Casio yang diutarakan oleh Takaki Maeda, General Manager, Casio Electronic Musical instrument, Japan, memiliki tujuan menambah jumlah orang ingin bermain musik dan menambah musisi-musisi pemula di dunia.

          Untuk wilayah Asia, Casio sudah mengerti benar tradisi dan budaya di Indonesia dengan masyarakat heterogen, serta banyak tradisi resepsi pernikahan melibatkan musisi organ tunggal yang beragam. Oleh karena itu, Casio instrumen musik lebih memfokuskan produk keyboard arranger masuk ke segmen hiburan organ tunggal dan rumah. Melihat besarnya peluang pasar di Indonesia, distributor tunggal Casio Electronic Musical Instrument (EMI), PT. Prima Cahaya Agung (PCA) sangat optimis MZ-X series akan menjadi pilihan keyboard arranger di kelasnya. Seperti keyboard arranger MZ-X series dengan harga jual yang terjangkau disertai fitur profesional seperti sampler dan style (disesuaikan dengan budaya tradisional Indonesia). Pada seri MZ-X dirancang fasilitas sampling instrument tradisional Indonesia yang bagus diambil dari 20 provinsi di Indonesia dan masih akan dikembangkan lagi sampling musik tradisional Indonesia. Casio tMZ-X series mengambil target pasar di kelas menengah dan end user. Casio juga menunjukkan keandalan sound dan fitur-fitur MZ-X didemonstrasikan oleh keyboardist Tedja dengan memainkan banyak aransemen musik tradisional Indonesia. Tak luput keyboardist, aranjer, dan produser muda Kevin Aprilio memainkan aransemen pop bersama band barunya, Kevin and The Red Rose, menggunakan keyboard arranger terbaru Casio MZ-X series. Begitu pula, musisi senior multi instrument legendaris Fariz RM memainkan sejumlah hitsnya, bernyanyi solo diiringi dengan sequencer MIDI dari Casio MZ-X series dan piano digital Privia Series.

proevent3proevent4

Selain keyboard arranger MZ-X series, PCA juga meluncurkan piano digital dengan teknologi hybrid, yaitu Celviano Grand Hybrid merupakan flagship product piano digital keluaran Casio. Piano digital Celviano Grand Hybrid dirancang hasil riset dan analisa dari tiga jenis piano akustik tradisional klasik dari penggabungan kualitas piano Berlin, Hamburg, dan Vienna. Dalam perancangan Casio Celviano Grand Hybrid menciptakan sound dan sentuhan hasil pengembangan resmi produsen piano terkenal dunia C. Bechstein. Material tuts dibuat dari kayu spruce seperti yang digunakan pada grand piano sehingga musisi dapat memainkan piano digital ini lebih realistis. Seperti yang dikemukakan Ananda Sukarlan seorang pianis klasik yang banyak menyabet banyak penghargaan pemain piano klasik event internasional. “Karakter tuts piano Casio Celviano Grand Hybrid sama seperti dengan karakter tuts grand piano yang sesungguhnya,” ujarnya usai melakukan memainkan solo piano aransemen klasik. Keyboard arranger Casio yang diluncurkan tahun 2016 ini bisa dijadikan alternatif pilihan para musisi, khususnya keyboardis Indonesia di masa mendatang dengan fasilitas fitur, sound, dan style yang membumi. Maeda menambahkan, Casio akan terus berevolusi menciptakan alat musik digital dan membantu orang di seluruh dunia menemukan kesenangan dalam bermain musik.

proevent2

Related Posts