• Rabu , 23 Mei 2018

SIMPLE PLAN DENGAN SOUND SEMPURNA

VERTICAL LINE ARRAY OUTLINE GTO C12

kunjungan1

 

Simple Plan hadir kembali dalam konser di Jakarta digelar di Ecovention Ecopark, Ancol, Jakarta Utara pada awal September 2016 lalu.

Pengunjung yang diperkirakan hampir dua ribu orang memadati area penonton yang terbagi dalam tiga kelas, begitu pintu gerbang Ecovention dibuka pukul tujuh malam. Dua kelas festival yang ditempatkan pada lantai satu, yang berdekatan dengan panggung dan area tengah di dekat meja FOH. Sedangkan penonton VIP berada pada tribun juga dipadati oleh penggemar muda Simple Plan.

kunjungan

Persiapan Simple Plan sebelum konser berlangsung cukup sederhana dan memudahkan seluruh kru produksi. Pada konser Simple Plan yang dipromotori oleh Original Production menggandeng tim Melodia Sound yang menyiapkan seluruh kebutuhan audio pada konser tunggal ini. Konser Simple Plan yang bertema “South East Asia 2016” ini dilengkapi dengan tata suara Outline GTO C12 sebanyak 12 kabinet dan 8 x subwoofer Outline DBS 182 dengan konfigurasi setiap sisi (L,R) dipasangkan 6 kabinet full range GTO C12 dan 4 Sub DBS 182 sebagai line source untuk mengkover suara di seluruh area penonton (lantai satu dan tribun).

kunjungan2

 

PERSIAPAN

Jalannya persiapan, kru audio dari Simple Plan sudah hadir tiga jam menjelang konser berlangsung. Mereka menyiapkan kebutuhan amplifikasi gitar dan bass. Setting drum juga dipersiapkan pada sore hari menjelang konser. Kami menyukai segala persiapan oleh kru dari band asal Kanada beraliran Punk Rock dan Emo ini, dilakukan cepat dan sederhana (simple). Dalam riders kebutuhan audio yang diminta pun tidak rumit seperti yang dijelaskan oleh salah seorang kru audio engineer dari Melodia Sound, Nando yang menyiapkan setup audio pada konser ini. Bahkan tim audio dari Simple Plan membawa dan menyiapkan seluruh mikrofon (vokal dan instrumen drum). Begitu pula, sistem monitoring jenis in ear monitor yang dibawa sendiri oleh tim Simple Plan. Seluruh personel memanfaatkan in ear monitor yang di-mix dari mixer monitor, menggunakan Yamaha LS9 sesuai riders yang ditentukan Simple Plan. Seluruh persiapan cek line dan set up alat dilakukan dengan cepat dan lancar. Tidak ada kendala berarti, kru Simple Plan sudah menyiapkan setup sesuai prosedur yang sudah mereka tentukan. Ada penempatan center  ll menggunakan 4 speaker full range Outline DVS15 (15”) dan lower end direpro dari 8 sub woofer Outline Subtech 218. Konfigurasi masing-masing center  ll sisi kiri 2xDVS 15 (L,R) dan center  ll sisi kanan 2 x DVS15 (L,R). Sedangkan seluruh konfigurasi sub woofer untuk center  ll dan FOH diset mono. Cukup menarik, jika sebuah band kelas dunia, seperti Simple Plan sudah memiliki SOP tersendiri untuk setup alat sebelum konser tunggal berlangsung. Tim produksi (rental company) dapat berkoordinasi dengan lancar dengan kru band yang sudah memiliki standar prosedur sendiri. Hasilnya, meskipun band yang pernah menyabet enam kali kemenangan Much Music Video Award dan dua kali memenangkan Juno Award ini tidak melakukan sound check. Saat penampilannya sangat memuaskan penggemar setianya mengikuti seluruh aransemen lagu yang kebanyakan menjadi hits di dunia dan Indonesia.

kunjungan3

KONSER DENGAN GTO C12

Simple Plan membuka dengan hits “Overload Opini” sontak menggetarkan venue indoor ini, para penggemar riuh mengikuti irama dan lirik lagu yang beraliran Punk Rock ini. Meskipun tidak melakukan cek sound, repro suara yang disembur ke seluruh area hasil mixing dari soundman Simple Plan sangat optimal. Sound yang direpro dari GTO C12 terdengar clear. Komposisi personel band yang sederhana membuat soundman lebih leluasa melakukan  nal mix. Perpaduan frekuensi gitar Jeff Stinco dan Sébastien Lefebvre sangat pas bermain area frekuensi mid-low dan dibungkus oleh sound bass yang dimainkan David Desrosiers. Jalannya konser cukup hangat dengan banyaknya lagu hits di Indonesia, di antaranya Jump, Jet Lag, Welcome to My Life, hingga Your Love is A Lie, didapatkan sound drum yang matang dan tone yang jelas terdengar dari area penonton. Hasil mixing yang sempurna didukung tata suara yang direpro dengan transparan. Sound clear dan powerfull terdengar pada area penonton dekat panggung dan area penonton di tengah, saat kami susuri dari area terdepan hingga ke belakang. Setting sound oleh tim audio (produksi) yang sempurna akan memberikan keleluasaan saat proses mixing dengan baik. Level suara tidak terlalu tinggi dan pas dinikmati oleh penonton secara merata. Tak diragukan jika seluruh penggemar bisa menikmati penampilan Simple Plan dengan tata suara yang sempurna hingga akhir. Simple Plan termasuk salah satu band dunia yang patut dicontoh bagi musisi di tanah air yang memiliki kesempatan konser tunggal. Mereka bermain rapi dan tidak melulu sekadar skill bermain menjadi tolak ukur. Akan tetapi, satu hal yang paling penting adalah kerapian dalam membuat formula keluaran sound menjadi standar mereka di venue manapun. Ketika disiapkan sebuah sistem suara dan soundman yang baik, maka sebuah band akan memberikan totalitas kepada para penggemarnya.

kunjungan5

kunjungan4

 

Related Posts