• Rabu , 19 Desember 2018

Sabian Day 2016 – Cymbal Sabian Untuk Berbagai Genre

panggung

 

Sempat absen di tahun 2015, kini Sabian Day ke-5 kembali digelar di Gedung Graha Bhakti Budaya Taman Ismail Marzuki (TIM), Cikini, Jakarta Pusat, pada awal Mei 2016 lalu. Saat jumpa pers menjelang hari-H, ketua penyelenggara Hendry Kaihatu dari MMC, mengatakan bahwa Sabian Day tahun ini, seratus persen melibatkan 11 drummer Indonesia sekaligus endorser brand Sabian untuk unjuk gigi di venue yang tertutup ini. Hendry Kaihatu juga menegaskan bahwa Sabian Day bukan saja pestanya para drummer tetapi untuk semua pencinta musik Indonesia. Sabian Day dikemas berbeda dari biasanya, performer para drummer bisa dinikmati oleh berbagai kalangan, bukan hanya bagi sesama drummer, tetapi bagi siapa pun termasuk penikmat musik.

panggung2 Hal ini tertuang pada konsep yang lebih berwarna sekaligus membuktikan bahwa cymbal Sabian bisa digunakan untuk berbagai genre kebutuhan panggung dan rekaman. Oleh karenanya, Sabian Day menawarkan banyak sajian para drummer sesuai dengan genre musik yang mereka mainkan. Sandy Pas Band yang merangkap sebagai MC (Master of ceremony) membuka demonstrasi drum dan cymbal Sabian, dan langsung memikat sekitar 1000 pengunjung yang sebagian besar adalah musisi. Usai memainkan solo drum, Sandi membuka acara dengan penjelasan dari produsen Sabian yang membuat sejumlah seri melalui vote sebelum diproduksi massal. Sabian senantiasa membuat produk yang dibutuhkan oleh drummer dari seluruh dunia, dan symbal 18 Inch yang diluncurkan ini merupakan hasil voting dari drummer-drummer dunia. Sabian juga meluncurkan produk cymbal terbaru, yakni seri Praise and Worship Pack (PW1) yang bisa digunakan untuk musik Gospel. Menurut Webster (drummer Saint Loco) yang pada malam itu tidak memainkan aransemen Saint Loco melainkan music Gospel, berkomentar bahwa Sabian Praise and Worship memiliki karakter yang cenderung ringan (light) sehingga sangat cocok untuk musik Gospel dan Pop. Sementara itu, penampilan Adrian (drummer Nidji) diperkuat produk Sabian untuk kebutuhan rekaman dan panggung. Adrian selalu menggunakan cymbal tipe HH, tipe Omni signature Jojo Mayer, dan hi-hat signature Dave Weckl. Bergeser ke penampilan Brian (Sheila On 7), dipenuhi dengan jadwal panggung yang padat, Brian pun berbagi komentar soal seri Artisan yang digunakan untuk rekaman sehingga karakter sound lebih bright. Adapun untuk keperluan set cymbal di panggung, Brian diperkuat dengan HHX crash 16”, Explosion 18”, cymbal seri Paragon yang didesain oleh iconic drummer Rock Neil Peart (Rush). Penjelasan ini diungkapkan Brian usai mendemonstrasikan solo drum yang diiringi backing track.

 

“Baca selengkapnya di Majalah Audiopro edisi 05/2016”

Related Posts

2 Comments

  1. doni
    31 Oktober 2016 at 4:03 pm Balas

    biar lebih menarik, ditambahkan juga donk gambar / foto foto yang berkenaan dengan alat musiknya yang ada di acaranya, seperti kalau diatas acara SABIAN DAY , pasti lebih menarik kalau ada foto foto cymbal sabiannya.

    maaf kalau merepotkan,

    Salam Musik, Peace selalu.

    • Audiopro
      7 November 2016 at 11:41 am Balas

      Terimakasih atas sarannya, kami akan perbaiki yang kurang, untuk foto/gambar akan kami lengkapi lagi supaya lebih menarik.