• Senin , 23 Juli 2018

FGN JMJ

fgn-jmj-1

Terinspirasi dari produk legendaris jazz bass, FGN meluncurkan produk bass tipe JMJ ini. Tentu saja dengan penampilan karakteristik dari produk bass asal Jepang. Tidak hanya itu, dengan sound jazz bass yang lebih modern dan playability yang mendukung. Bass ini bisa menjadi alternatif pilihan karena memiliki karakter sound yang lebih general.

Brand asal Jepang, FGN (Fujigen) sebenarnya sudah berdiri sejak tahun ‘60-an. Produk ini pun sepertinya sudah lama dikenal di pasar lokal. Apalagi produk ini memiliki kualitas yang cukup bersaing. FGN juga memiliki item produk yang termasuk lengkap. Walaupun awalnya lebih dikenal dengan produk gitar, tetapi brand ini terus mengembangkan produk yang dipasarkan. Tidak terkecuali produk electric bass gitar. Bass gitar sendiri, juga memiliki beberapa tipe dan produk Bass FGN tipe JMJ ini, akhirnya mampir ke studio review AudioPro.

JAZZ BASS MODEL

Tipe JMJ ini tergabung di seri Mighty Jazz. Di seri ini terdapat beberapa tipe dan karakter. JMJ merupakan satu produk yang mengadaptasi total Jazz Bass Standard (J-standard). Terlihat dari bentuk body dan skala neck (lihat spesi­fikasi). Setup volume juga sama, menggunakan 3 buah knop, yaitu Volume 1. (Middle Pickup), Volume 2. (Bridge Pickup), Master Tone, tetapi produk ini dilengkapi dengan booster Push-pull untuk mengoptimalkan gain. Perbedaan lainnya adalah karakter pick guard dan fret (22F Medium High). Dan tentunya karakter pickups yang memang disesuaikan dengan karakter brand FGN. Walaupun berkarakter Jazz Bass, pickup yang digunakan adalah dari produk Seymour Duncan dan desain istimewa pada bridger, yaitu 2-Way Adjustable Bridge. Walaupun mengadaptasi model Jazz Bass, Anda akan bisa langsung membedakan dengan Jazz Bass standard pada umumnya. Sedikit perbedaan dan inovasi pada brand ini, mampu memberikan nuansa dan karakter yang berbeda.

fgn-jmj

SOUND CHECK

Bass ini memiliki bobot yang cenderung berat. Beberapa pemain bass menyukai bobot bass semacam ini. Memiliki playability yang cukup enak. Desain bridge, membuat posisi string menempel stabil dengan jarak yang ideal. Hal ini mendukung kenyamanan saat memainkan bass ini, dalam waktu lama sekalipun. Termasuk desain neck dan body yang cukup dinamis. Dengan control electronic yang simple 2 Volume, 1 T Anda bisa melakukan pengulikan sound dengan mudah dan e­fisien. Bahkan untuk kalangan pemula sekalipun. Terdapatnya onew/PushPullSW membantu Anda untuk meningkatkan performa sound yang lebih maksimal. Aksesibilitas produk ini juga cukup bisa diandalkan.

 

“Baca selengkapnya di Majalah Audiopro edisi 01/2016”

Related Posts