• Senin , 23 Juli 2018

YAMAHA BB1024 BASS

yamaha review

BB series adalah salah satu produk bass legendaris dari Yamaha, salah satunya tipe BB1024. Walaupun produk ini bukan tipe tertinggi dalam BB series, tetapi masih mampu menampilkan aura sound BB yang sudah cukup dikenal. Berkarkater warmth, tight dan powerful. Dengan setup yang mudah dioperasikan, bass ini sebenarnya cocok digunakan untuk berbagai kebutuhan bermusik.

Yamaha tentunya bukan brand yang bisa dianggap enteng. Yamaha merupakan salah satu brand yang memilki item produk cukup lengkap dan beragam. Mulai dari produk proaudio hingga instrumen musik tentunya. Instrumen musik dari brand ini juga sudah memiliki popularitas, dan menjadi pilihan banyak musisi kelas Internasional. Selain di Jepang, Yamaha juga memiliki pabrik yang berlokasi di tanah air. Produk dari tangan anak bangsa ini ternyata reputasinya juga sudah diakui. Tidak hanya produk akustik atau gitar elektrik dari Yamaha yang menjadi andalan, tetapi juga produk bass gitar. Yamaha memang meluncurkan beberapa tipe produk bass yang terbilang fenomenal. Salah satunya adalah BB Series, yang menjadi salah satu bintang dari brand ini. BB Series ini hadir dengan beberapa tipe, baik dari kalangan entry-level hingga profesional namun dengan penampilan secara general yang tidak jauh berbeda sehingga bass seri ini memiliki karakter yang kuat. Kali ini redaksi Audiopro menguji coba produk Yamaha BB1024, produk hasil karya anak bangsa. Bass buatan pabrik di Indonesia ini cukup mampu menunjukkan aura yang melegenda walaupun produk bass ini digunakan untuk kalangan entry-level hingga semipro.

 

IMAGE BB SERIES

Seperti disebutkan di atas, tangan terampil anak bangsa tetap mampu menampilkan bass berkualitas. Dengan desain yang menampilkan ciri khas BB Series, bass ini memiliki desain yang cenderung vintage, terlihat dari pilihan warnanya. Menggunakan bahan kayu Alder (2-piece) pada body dan Nato (5-piece) pada neck serta rosewood untuk ­ fingerboard. Bass ini memang kokoh, dan cenderung memiliki bobot yang berat. Termasuk system joint neck yang menggunakan 4 bolt namun memiliki playability yang menunjang. Posisi string yang cukup rata menempel pada fingerboard, didukung juga dengan karakter bridge yang kokoh dengan bahan yang berkualitas. Bass ini menggunakan kon­figurasi pickup PJ, neck Alnico V split, bridge ceramic‑single coil dengan master control yang cukup simpel (master volume dan tone). Adapun tambahan toggle untuk switching pickup. Desain ini memang mempermudah user untuk melakukan pengulikan atau untuk pencapaian sound yang diinginkan. Hal ini tentunya juga tidak merepotkan untuk kalangan pemula sekalipun. Kenyamanan saat memainkan bass ini dalam waktu lama juga menjadi salah satu nilai lebih dari produk Yamaha. Walaupun bukan untuk kalangan profesional, playability yang menunjang justru bisa cukup dirasakan.

 

SOUND POWER

Kami memasangkan bass ini dengan produk ampli Bass Fender berkarakter klasik. Ternyata menjadi pasangan yang saling menunjang. Seperti dibahas di atas, aura BB vintage sudah terasa saat memainkan pertama kali, tentu saja dengan posisi flat pada ampli yang digunakan. Master volume pada bass full dengan tone yang disesuaikan, dan posisi volume ampli berada di kisaran jam 10-12. Sebenarnya tdak perlu memutarkan master volume karena bass ini memiliki gain yang luar biasa. Dengan long sustain yang menawan. Karakter vintage-nya terasa lebih gemuk, powerful dan lebar. Ciri khas dari produk bass seri ini. Dengan pengulikan yang simpel, Anda juga mampu melebarkan karakter sound menjadi lebih lebar. Mulai dari pengaturan tone knop, dan switching karakter pickup, bass ini akan tetap menghasilkan sound low yang bertenaga, gemuk dan juga tight dengan karakter vintage yang membalutnya. Namun, Anda bisa melebarkan karakter sound yang lebih luas, misalnya jika Anda ingin karakter yang lebih modern dengan nuansa bright, knop tone akan banyak membantu. Apalagi jika Anda ingin sound yang pas buat lead. Dengan long sustain yang apik, karakter sound yang dihasilkan memang lebih stabil dan lebar. Bass 4 string ini cukup sesuai digunakan untuk segala kebutuhan. Baik untuk sekolah musik, rekaman terutama untuk live. Setup yang simpel dan mudah dalam pengaplikasiannya akan mempermudah dalam melakukan pengulikan. Body yang sedikit berat tetapi kokoh berpadu dengan playability yang menunjang, tentunya menjadi bass yang enak dan nyaman dimainkan. Sound vintage dengan low yang powerful juga akan menantang Anda untuk berbagai kebutuhan bermusik. Apalagi jika Anda memainkan jenis musik Rock, bass ini akan menunjukkan auranya. Meski begitu, tidak akan mengecewakan juga jika Anda memainkan jenis musik lain seperti Pop atau Fushion apalagi jika membutuhkan sound vintage yang bertenaga dan lebar. Salah satu bukti karya anak negeri untuk kalangan entry-level hingga semipro yang masih memiliki aroma bass BB Series yang melegenda.

Related Posts