• Minggu , 23 September 2018

SAMSON MIXER ANALOG S4000

S4000_angle-display

Powered mixer samson s4000 terdirI darI 12 channel input mono dengan preamp/Line input dan 4 channel stereo line input bagI kebutuhan pekerjaan engineer yang memerlukan mixer analog. Fasilitas power amplifier internal pada s4000 kapasitas 1000 watt (Bridge mono) Atau 500 watt per sisI impedansI 4 ohm.

P owered mixer S4000 sangat cocok untuk venue kecil dan menengah dan memudahkan kru panggung ketika setup sistem tata suara karena sekali angkat S4000 sudah berikut power ampli er internal. Selanjutnya kita hanya menarik kabel audio dari S4000 dikirim ke loudspeaker pasif sesuai kapasitas power
mixer S4000 ini. Oleh karenanya, mixer S4000 dapat dimanfaatkan untuk touring venue kecil dan menengah dengan praktis. Pada bagian belakang terdapat dua loudspeaker out dengan konektor speakon.

Jika kita membutuhkan daya yang lebih besar dapat menggunakan power amplifier eksternal maka Samson S4000 bisa dimanfaatkan sebagai mixer FOH. Maka kita cukup mengirim signal audio (stereo) dari line output dikirim ke power amplifier eksternal.

Seluruh konektor audio ditempatkan pada panel atas, termasuk konektor line input (jack phono), preamp (XLR), auxiliary, headphone, RCA, hingga line output. Jadi kita bisa melihat jalur audio yang tersambung dengan instrument, prosesor eksternal, power ampli er eksternal, speaker monitor, hingga headphone lebih mudah.

Channel Input

S4000 memiliki preamp yang sesuai kebutuhan live mixing. Gain  input dari sejumlah instrument dan mikrofon yang kami terima cukup memuaskan saat uji coba di Studio APro. Knop gain sangat membantu kami mendapatkan signal masuk yang kuat dengan headroom yang baik. Level yang baik dan noise rendah sangat membantu sound man melakukan mixing dengan leluasa dan nyaman. Tombol HPF (High Pass Filter) berada di bawah knop gain berfungsi memotong frekuensi di bawah 75 Hz sehingga mengeliminasi frekuensi di bawah 75 Hz bisa digunakan pada channeli vokal, hi-hat, cymbal, snare, dan sebagainya. Maka sumber suara tersebut yang dimix bisa lebih jernih. Selanjutnya proses mixing dalam penyesuaian tone dari setiap channel dapat dilakukan dengan cepat dan menyenangkan. Performa 3 band EQ cukup nyaman dimanfaatkan dalam proses live mixing saat diperlukan.

2 DSP FX

Mixer analog ini menyertakan dua buah prosesor efek (Digital Signal Processor atau DSP FX) 24 bit. Dua set DSP FX ini bisa kita aktifkan secara bersamaan dalam satu channel. Selain itu, S4000 juga menyiapkan 4 buah knop auxiliary. Dua dari 4 knop auxiliary, yaitu auxiliary 3 untuk mengatur level FX (efek) 1 dan auxiliary 4 untuk mengatur level FX 2 yang terdapat pada semua channel input.

Manfaat dua buah prosesor efek, yaitu kita dapat mengaktifkan dua jenis prosesor efek secara bersamaan. Misalnya knob auxiliary 3 (efek reverb hall ) dibuka pada channel 10 (vokal) dan knob auxiliary 4 (efek reverb plate) dibuka pada channel 2 (snare drum), dan seterusnya sesuai kebutuhan live mixing. Setiap prosesor efek menyertakan 100 preset efek yang mencakup reverb, delay, chorus,  anger, slap back, dan echo.

Auxiliary

Selanjutnya, Ada dua auxiliary (knop auxiliary 1 dan knop auxiliary 2) bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan sistem monitoring di panggung. Sebut saja, auxiliary 1 dikirim ke side  ll monitor (kiri) dan auxiliary 2 dikirim ke side  ll monitor (kanan). Dalam situasi lain dalam kebutuhan monitor, auxiliary 1 dikirim ke sejumlah  oor monitor (parallel), auxiliary 2 dimanfaatkan untuk mengirim signal audio ke sejumlah delayed speaker (parallel) misalnya.

Keluaran suara pada speaker utama (FOH) dapat kita atur tone secara keseluruhan dari  tur 9 band EQ gra k. Fitur EQ cukup penting kerap dimanfaatkan oleh sound man untuk mendapatkan tonal yang terbaik dari hasil mixing direpro oleh speaker utama maupun monitor.

Samson S4000 menyiapkan dua buah 9 Band EQ gra k, EQ yang kedua bisa kita manfaatkan untuk mengatur tone keluaran suara pada audio monitoring ( oor monitor, side  ll, atau delayed speaker).

Mixer analog Samson S4000, sebuah gear powered mixer yang mudah dipindah tempatkan bisa dimanfaatkan untuk aplikasi live music, club, kegiatan ibadah, hingga resto/café dengan performa fasilitas mixer yang memenuhi kebutuhan live mixing venue menengah dan kecil.

Related Posts