• Senin , 25 Juni 2018

ALTO LIVE 1604 USB

alto-live-1604-usb

Alto live 1604 merupakan produk mixer analog professional yang menunjukkan langkah alto kian mantap menapakkan kakinya dalam industry pro audio dI dunia dan indonesia.

S eri Live 1604 memiliki tubuh yang ergonomic yang memiliki bobot hanya 5,9 kilogram, cukup ringan untuk sebuah mixer 16 channel dan mudah dipindah tempatkan. Mixer analog ini sangat sesuai untuk  kebutuhan live sound band dan akustik venue kecil (mall, panggung kecil/sedang), rumah ibadah, karaoke, club, dan lainnya. Di jaman digital, mixer analog masih dibutuhkan oleh sejumlah rental company sound system maupun para installer. Keuntungan mixer analog tentu kita bisa melihat seluruh parameter yang ada di depan mata. Kita dapat mengakses parameter lebih mudah dan cepat. Oleh karenanya untuk kebutuhan live sound venue kecil dan menengah mixer analog masih disukai para rental company dan installer.

Fitur pada channel input

Mixer Alto Live 1604 10 preamp mikrofon yang disertakan ke 10 chanel XLR input mono dan TRS semua channel input. Live 1604 menyertakan fasilitas kompresor input dari channel hingga 6 (pre fader). Setelah mencari gain structure menggunakan knob gain maka kita bisa melakukan kompresi (pre fader) dari  tur kompresor pada channel 1 – 6. Saat uji coba, fasilitas preamp mikrofon terasa sangat memuaskan dan memenuhi kebutuhan signal masuk yang kuat memenuhi headroom yang ideal, performa preamp Live 1604 sesuai dengan mixer analog lainnya.

Fasilitas input lainnya, unit ini menyertakan konektor RCA pada channel 13/14 stereo yang bisa dimanfaatkan
untuk mengakomodir signal dari CD/ MP3 player yang bisa kita EQ dari fasilitas 3 band EQ. Sedangkan signal keyboard yang menggunakan konektor jack ¼ bisa menggunakan channel 9/10, 11/12, 13/14, dan 15/16 stereo.

3 Band EQ

Fasilitas 3 band EQ dan  xed Q sweepable banyak membantu kita melakukan mixing dengan maksimal untuk mendapatkan tone yang diinginkan. Pada uji coba, kami melakukan tone adjustment beberapa sumber (mikrofon , instrument) dari  tur EQ ini dengan cepat dan menyenangkan.

Subgroup

Peranti ini sudah menyiapkan 4 channel subgroup, berfungsi untuk mengelompokkan sejumlah channel input menjadi satu channel fader saja (subgroup). Proses mengelompokkan (grouping) beberapa channel input menjadi  satu fader sangat mudah. Kalau di dalam mixer digital subgroup kadang disebut DCA atau VCA. Ada empat channel subgroup dan setiap channel dapat kita tentukan panningnya ke main mix. Contoh sub group 1 diposisikan pada
Pan Left, subgroup 2 diposisikan kepada Pan Right, subgroup 3 dan 4 diposisikan kepada Pan Left dan Right melalui tombol subgroup assignment pada area subgroup di samping main fader.

EQ Grafik

Sebagai kebutuhan live sound, EQ gra k adalah  tur wajib pada sebuah mixer. Fitur 9 band EQ gra k yang dimiliki   Live 1604 dapat diposisikan sebagai EQ monitor atau main mix. Anda dapat mengatur seting EQ seperti mixer analog lainnya dengan mudah. Kita dapat mengatur tone pada speaker monitor atau speaker utama (FOH).

Auxiliary Send

Live 1604 menyediakan 4 auxiliary send per channel input. Auxiliary 1 sampai 3 berfungsi untuk mengirim signal ke
speaker monitor atau peranti audio lainnya. Sedangkan auxiliary 4 berfungsi untuk mengatur level efek. Ketika Live 1604 digunakan untuk aplikasi live sound. Seluruh channel input dapat dikirimkan ke speaker monitor ( oor monitor). Konektor auxiliary out yang berada panel belakang mixer menggunakan konektor TRS.

Prosesor Efek Alesis

Mixer ini dilengkapi dengan fasilitas prosesor efek yang diadopsi dari brand Alesis. Ada 100 preset koleksi efek yang siap pakai pada Alto, di antaranya delay, reverb, dapat dimanfaatkan untuk channel vokal, snare drum, atau instrument lainnya. Kita dapat memilih efek jenis reverb sesuai kebutuhan sumber suara . Sebagian besar koleksi efek sudah siap digunakan untuk kebutuhan live mixing.

USB

Fitur baru yang sudah menjadi standar mixier analog di era sekarang selain  tur kompresor dan prosesor efek adalah fasilitas USB Port. Mixer Live 1604 dapat terintegrasi dengan DAW (Digital Audio Workstation) berbasis laptop atau PC melalui  tur USB port yang berada pada panel belakang mixer. Fungsi koneksi USB, kita dapat mengirim atau menerima signal audio (stereo) kepada atau dari komputer (untuk direkam atau playback). Untuk mengirim signal audio stereo dari mixer melalui Subgroup (1/2) atau Main mix. Sedangkan untuk menerima signal audio dari DAW komputer ke channel 15/16 (stereo) atau Main Mix.

Mixer analog professional Alto Live 1604 dilengkapi seluruh fasilitas kebutuhan live mixing yang bisa dimanfaatkan dalam aplikasi live sound venue menengah dan kecil hingga kebutuhan instalasi tetap pada tempat ibadah, mall, kafe, resto, dan sebagainya. Bisa kita jadikan salah satu pilihan alternative untuk rental company kelas menengah dan kecil dan pribadi.

Related Posts