• Selasa , 20 Februari 2018

Masjid Agung At Taqwa Kutacane, Aceh Tenggara

masjid-agung-at-taqwa-kutacane-aceh-tenggara

Kutacane adalah sebuah wilayah yang terletak di kabupaten aceh tenggara, propinsi aceh. Sebuah kota kecil yang bisa ditempuh melalui jalan darat selama 5-6 jam dari medan atau 10-12 jam dari banda aceh. Di kota ini berdiri sebuah masjid yang megah dan menjadi symbol hegemoni umat islam di kabupaten aceh tenggara, masjid agung at taqwa kutacane.

Masjid yang baru saja diresmikan pada tanggal 8 April 2016 ini mulai dibangun pada tahun 2009. Kurang lebih memakan waktu 6 tahun. Biaya yang dibutuhkan untuk membangun sebesar 70M. Angka yang fantastis! Dana tersebut berasal dari APBD dan partisipasi masyarakat Aceh Tenggara. Maka, tidak heran jika desain dan detail interior dan eksteriornya benar benar menakjubkan. Termasuk kebutuhan sound system yang sangat kompleks.

Audio System

Clarity atau kejelasan artikulasi suara imam yang membaca doa saat memimpin shalat atau khotbah adalah objective yang mutlak diperoleh. Suara imam / khotib harus terdengar dengan baik (level yang pas) dan merata. Apalagi area yang harus di cover lumayan luas yaitu sekitar 2.700 meter persegi. “Suara harus jelas, merata dan keberadaan
speaker atau peralatan audio lainnya tidak mengganggu estetika interior secara keseluruhan”, pesan panitia pembangunan masjid.

Bagi team instalasi audio system yang terdiri dari Kairos Multi Jaya dan Multi Electronic Medan, hal tersebut sangat menantang. Karena kendala terbesar justru terletak pada sektor interior itu sendiri. Tinggi ceiling masjid ini sepintas mirip bangunan-bangunan klasik ala Eropa. Hal tersebut menimbulkan reverbrasi yang sangat panjang.

“Solusinya adalah dengan menerapkan speaker dengan clarity yang detail, serta menempatkan sumber suara lebih dekat dengan audiens / jamaah dengan tanpa mengabaikan faktor estetika“, jelas Karuna, salah satu team engineering Kairos Multi Jaya yang dipercaya sebagai konsultan dan installatör audio. “RCF VSA adalah jawaban yang tepat!”

“Teknologi yang dimiliki RCF VSA memungkinkan kita untuk mengarahkan suara (directivity) dengan akurat ke area yang ingin di-cover serta menghindari energi akustik yang terpancar ke langit-langit dan tempat kosong maupun tempat-tempat yang tidak diinginkan sehingga tidak menimbulkan re eksi suara yang dapat mempengaruhi
kejelasan (clarity) saat khotbah atau bacaan shalat, terlebih lagi di dalam ruangan masjid ini memiliki efek reverbrasi yang panjang. VSA bahkan dapat menjangkau area sejauh 30 meter dengan clarity maksimal”.

Teknologi Digital Steering Coloumn Array dari RCF ini dapat dilakukan karena teknologi DSP yang ada di dalam kolom VSA. DSP ini bertugas memproses semua driver 3.5” yang ada di dalamnya. Sehingga user dapat mengatur beam direction (arah suara) sesuai dengan ruangan. Processing ini dapat di akses melalui komputer/laptop dengan
menggunakan kabel network (CAT5) dan aplikasi software VSA User Control. Untuk lebih memudahkan setting ini, VSA juga mengembangkan VSA remote-control yang dapat memproses DSP dengan cepat tanpa harus membawa banyak peralatan.

Dari segi estetika, desain coloumn speaker VSA yang simple juga mampu menjawab tantangan panitia pembangunan masjid untuk menerapkan sistem audio yang tidak mengganggu estetika ruangan. Bentuk speaker yang sangat ringkas membuat speaker ini mudah ditempatkan di mana saja. Dalam masjid ini, sebanyak 15 unit speaker VSA disebar di berbagai titik di dalam masjid. Warna memang sedikit dimodi kasi untuk menyesuaikan warna tiang dimana speaker kolom ini ditempatkan agar tidak mengganggu estetika.

  • 4 unit VSA 2050 ditempatkan di dinding yang menghadap jamaah di barisan paling depan; 2 unit disebelah kanan dan 2 unit di sebelah kiri mimbar.
  • 4 unit VSA 1250 ditempatkan ditempatkan pada tiang / pilar penyangga utama bangunan bagian tengah yang berfungsi untuk mengcover area tengah masjid.
  • 4 unit VSA 850 ditempatkan ditempatkan pada tiang / pilar penyangga belakang yang berfungsi utuk mengcover area belakang
  • 1 unit ditempatkan diatas pintu masuk utama masjid untuk mengcover area serambi.
  • 1 unit masing-masing ditempatkan di serambi samping kiri dan kanan masjid.

Keseluruhan speaker VSA diatur oleh Allen & Heath IDR-8 sebagai matrix processor untuk mengatur zonasi
sesuai dengan format acara dan area yang ingin dicakup. Hasilnya cukup mengagumkan. Suara yang dihasilkan
oleh speaker kolom VSA dengan konfigurasi yg diterapkan dalam masjid ini mampu didengar secara merata di semua titik oleh jamaah yang berada didalam masjid.

Selain VSA sebagai main PA, 1 unit RCF TT8 juga ditempatkan sebagai monitor khotib di area mimbar dan 1 unit lagi ditempatkan sebagai monitor di ruang kontrol. Sebagai pengendali sistem audio keseluruhan dipercayakan kepada Allen & Heath Qu16.

 

Related Posts