• Minggu , 23 September 2018

GTO Pada Konser Balawan & Batuan Etnic – Bali Spirit Festival 2016, Ubud Bali

gto-pada-konser-balawan-batuan-etnic-bali-spirit-festival-2016-ubud-bali

Paling menarik mempunyai kesempatan menyaksikan persiapan awal sebuah band melakukan gladi resik saat hendak perform di sebuah event musik.

Momen ini paling dinikmati  oleh kalangan musisi maupun penggemarnya sekalipun menyaksikan persiapan menjelang tampil. Jika sedikit kembali ke beberapa bulan lalu, tim Audiopro berkesempatan  meliput Steve Vai in Cocert dan melihat para penggemar icon gitaris rock fenomenal itu tampil di tennis indoor Senayan. Para penggemar Steve Vai diberi kesempatan menyaksikan persiapan idolanya melakukan gladi resik sebelum tampil di malam harinya.

Menjadi catatan menarik kami, bahwa ada tiga sensasi menikmati sebuah band yang akan perform mulai dari persiapan. Sensasi Pertama, seseorang bisa melihat detail para musisi sedang melakukan persiapan (sound check) secara langsung dan relatif dekat panggung. Sensasi kedua, kita dapat memperhatikan seluruh kru sound system mempersiapkan tata suara yang akan digunakan untuk hari atau jam berlangsungnya konser. Ketiga, tentu saat berjalannya konser kita berupaya berdiri ataupun duduk pada spot yang terbaik agar bisa mendengarkan sensasi suara yang kita dengar maksimal dari area penonton.

KONSER BALAWAN

Seperti yang kami alami ketika Balawan & Batuan Etnic Fusion perform pada acara Event Bali Spirit Festival 2016 di Ubud, Bali, pada awal April lalu. Tata suara pada saat itu hampir rampung disetup oleh tim Melodia Sound yang mensupport 6 kabinet Ouline GTO series ( agship produk Outline)full range speaker dan enam buah kabinet subwoofer Lab 21HS (3 +3 Sub per sisi). Outline GTO seri  teratas ini sama yang digunakan konser Steve Vai di Senayan Jakarta dan banyak disupport oleh Melodia Sound dalam event konser musik besar lainnya di Indonesia beberapa waktu lalu. Kini Outline GTO yang mencakup 2 x 15” LF, 4 x 8” MF, dan 4 x 3” HF digunakan dalam venue Bali Spirit Festival 2016. Dalam pengalamannya GTO vertical line array ini memiliki performa suara yang massif namun tetap menjaga clarity yang baik.

Venue yang berukuran sedang yang ditonton ratusan turis ini, tampak sangat nyaman menikmati jalannya persiapan dan sound check hingga acara berlangsung. Tim Melodia Sound menyiapkan setup penuh dan terintegrasi. Melibatkan dua buah mixing console mencakup Yamaha CL 5 (FOH) dan Yamaha QL 5 32 channel input (monitor) ditambah rack I/O Yamaha Rio 3224D (32 channel input) menggunakan Dante Network saling terintegrasi.

Kesibukan kru terlihat sebagaimana sistem audio yang disetup harus berjalan baik dan sempurna. Masih di siang hari, untuk memastikan sistem sudah berjalan sempurna,
tim audio engineer melakukan preview audio menggunakan data audio resolusi tinggi  (bukan band). Pada saat itu, kami bisa berdiri di beberapa titik spot yang nyaman mendengarkan sejumlah song  le (data audio) dari 6 kabinet GTO dan 6 subwoofer Outline. Sensasi ini terasa kami bisa mencermati dari frekuensi terendah hingga tinggi dengan detail. Sesi sound check berikutnya baru melibatkan  musisi tamu yang hendak perform malam harinya. Sensasi kedua, Meskipun musisi bintang utama, Balawan dan Batuan Etnic sedang melakukan sound check dan mixing, toh sound yang dikeluarkan ke loudspeaker utama tidak berlangsung lama. Sensasi yang kami dapatkan adalah segala kegiatan musisi selama sound check dan mendengar tata suara yang dikeluarkan dari loudspeaker utama selama sound check. Maka pasti menjadi sebuah pertanyaan dalam benak kami untuk menonton perform malam harinya. Harapan semua pengunjung tentu merasa terhibur oleh band yang tampil disertai dengan tata suara dan tata lampu yang sempurna.

Pada malam harinya, sekitar pukul 7 malam ratusan pengunjung yang sebagian  besar wisatawan asing dari wilayah Ubud yang dikenai tiket masuk sudah berada di depan panggung tak lebih dari satu jam menanti penampilan I Wayan Balawan kelahiran Gianyar Bali. Balawan gitaris jazz Indonesia yang dikenal dengan teknik Touch Tapping Style mengusung musik jazz dan kolaborasi aransemen musik tradisional Bali. Balawan & Batuan Etnic Fusion yang berpengalaman tour sejumlah event jazz internasional di Eropa, Amerika, dan Australia tanpa basa basi langsung membuka aransemen jazz fusion dengan sentuhan gamelan Bali yang dinamis, segar dan menghibur.

Sensasi ketiga, tata suara yang ditranslate oleh Outline GTO dapat direpro sempurna menjawab rasa penasaran setiap orang yang sempat mencermati dari persiapan hingga
jalannya pagelaran. Perlu diingat, kerjasama  antara musisi dan kru sound juga menentukan hasil akhir tata suara yang bisa dinikmati dan tidak boleh mengecewakan seluruh
pengunjung yang menonton. Sensasi GTO secara spesi k memiliki semburan lower end  yang dahsyat namun tidak menghilangkan tone dari seluruh instrument yang dimainkan. Kami juga mendapati pattern gamelan Bali yang menyatu dalam aransemen sangat terasa membawa nuansa tradisional yang kental disembur dari GTO dengan clarity yang baik. Frekuensi mid-high mampu mengimbangi frekuensi lower end dari enam buah subwoofer yang powerfull itu. Apalagi event yang digelar outdoor ini lebih menambah sensasi suara yang kian maksimal dalam udara terbuka. Menariknya, di area penonton yang memiliki luas kurang lebih seratus meter persegi, reproduksi dari tata suara dari speaker utama sangat solid dalam situasi ruang terbuka. Apalagi, saat itu situasi dalam cuaca cerah dan hembusan angin yang tidak besar maka performa tata suara kian maksimal membawa pengunjung terus berdansa dan menikmati sajian musik Balawan dan kawan-kawan sekitar dua jam penuh dengan kemeriahan hingga malam hari di Ubud.

 

Related Posts